Fakta Menarik yang Dimiliki Kucing Caracal

Kucing adalah salah satu hewan yang memiliki banyak sekali jenisnya dan tersebar di seluruh dunia. Salah satu jenis kucing yang sangat populer dan diberikan predikat sebagai jenis kucing tercantik adalah kucing caracal. Kucing ini merupakan kucing dengan ukuran tubuh yang sedang dan tersebar di wilayah Asia dan Afrika. Kucing caracal ini termasuk dalam keluarga felidae yang memiliki tampilan yang anggun dan juga ramping. Meskipun demikian kucing yang satu inipun memiliki otot yang kekar serta karakter yang tangguh. Kucing ini juga diklasifikasikan sebagai jenis kucing terberat dan juga tercepat jika dibandingkan dengan semua jenis kucing kecil lainnya. Untuk lebih jelas lagi, mari kita simak fakta menarik yang dimiliki oleh kucing caracal berikut ini.

1. Bentuk telinga menyerupai antenna
Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh kucing caracal ini adalah telinganya yang berwarna hitam dengan rumbai yang berbuntuk agak runcing. Di Turki nama kucing ini adalah karakulak yang dalam bahasa Indonesia berarti �telinga hitam� Jika diperhatikan secara baik-baik, jenis kucing yang satu ini memiliki bentuk telinga yang menyerupai antenna yang runcing ke atas. Telinga inipun memiliki fungsi untuk mencari mangsa. Yang unik dari telinganya ini karena dikendalikan oleh 29 otot yang berbeda sehingga responnya terhadap mangsa sangat besar.

2. umunya relative panjang
Seekor kucing caracal ini memiliki umur yang relative panjang. Ia mampu bertahan hidup di alam liar selama 12 tahun lamanya. Selain itu kucing ini ketika berada dipenangkaran umumnya memiliki umur 17 hingga 19 tahun. Perkawinan yang terjadi antara kucing caraca ini akan terjadi ketika mereka memiliki mangsa yang lebih banyak. Lebih tepatnya lagi ketika periode kehamilan memasuki 2-3 bulan. Seekor caracal betina dewasa mampu melahirkan 1-6 anak dan akan disapih ketika mereka berusia 9 bulan.

3. Pemburu yang hebat
Selain memiliki keahlian memanjat pohon yang hebat, kucing caracal juga merupakan seekor hewan pemburu yang aktif. Mereka akan berusaha untuk mengintai mangsanya dalam radius 5 meter, kemudian akan berlari dengan sangat kencang, melompat, dan menerkam mangsanya. Di alam bebas mangsa utama kucing yang satu ini adalah unggas yang berukuran kecil hingga besar. Tak jarang mereka memangsa hewan yang ukurannya lebih besar. Yang unik dari kucing ini adalah ia akan menyembunyikan hasil tangkapannya di balik sebuah pohon.

4. Bersuara unik

Jika jenis kucing lain umumnya akan mengeong ketika bertemu dengan manusia, kucing caracal justru akan menggeram, mendesis, dan juga mendengkur. Untuk memberikan peringatan kepada makhluk lain yang ada disekitarnya, caracal juga bisa membuat suara menggonggong agar mereka menjauhinya. Ia merupakan jenis kucing yang sangat unik.

5. Harganya sangat mahal
Beberapa jenis kucing caracal ini sudah berpindah kategori dari kategori predator yang liar di alam bebas menjadi hewan peliharaan yang ekslusif dan berharga fantastis. Kucing yang mudah untuk dijinakkan ini jumlahnya sudah semakin langka di alam bebas. Oleh sebab itu untuk melestarikan kucing caracal, harga setiap anakan kucing yang satu ini bernilai US$ 10.000 atau setara dengan Rp. 132 juta. Mungkin anda tidak akan bisa memelihara jenis kucing yang satu ini karena masuk dalam ketegori hewan langka yang harus dilindungi keberadaannya. Namun tidak ada salahnya jika anda mendukung kampanye pelestarian kucing caracal ini agar anak cucu anda di generasi selanjutnya bisa melihat wujud asli kucing yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *