Mengenal Jenis dan Gambar Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih adalah salah satu jenis burung yang banyak ditemukan di wilayah Indonesia khususnys wilayah Timur Papua. Selain itu sering juga ditemukan di Papua Nugini, selat Torres sampai Australia Timur. Sebenarnya jenis cendrawasih sendiri memang ada banyak sekali. Tapi disini kita akan membahas mengenai 10 jenis dan gambar burung cendrawasih paling terkenal saja. Apa saja jenis cendrawasih itu?


Untuk cendrawasih pertama yaitu cendrawasih gagak. Burung yang satu ini bisa tumbuh sampai 34 cm. Tentu saja dilengkapi dengan bulu gelap akan tetapi tekturnya lembut. Sementara itu pada bagian paruhnya berwarna hitam. Kalau kita mendengarkan dari suara panggilan yang dimiliki oleh cendrawasih ini, maka saya yakin akan langsung membuat kita teringat dengan gonggongan anjing. Hal ini memang karena cenderung sangat mirip.

Selanjutnya ada cendrawasih Bidadari Halmahera. Burung yang satu ini sendiri ukurannya masih sedang yaitu bisa tumbuh sampai 28 cm. Walaupun begitu masih termasuk yang sangat cantik. Terutama karena penjantan yang dilengkapi dengan mahkota ingi dan sedikit pucat. Sementara itu ada juga warna pada dada yang juga cantik yaitu berwarna zamrud. Sebenarnya ciri paling kelihatan dari cendrawasih ini adalah dua pasan bulu putih panjangnya.

Ketiga ada gambar burung cendrawasih paradigalla ekor panjang. Cendrawasih sati ini adalah salah satu cendrawasih dengan ukuran besar yang bisa mencapai 37 cm. Untuk warnanya sendiri cenderung hitam dengan bagian ekornya sangat panjang dan sedikit runcing. Ciri lain pada cendrawasih yang cukup terlihat adalah pada bagian wajah uang dilengkapi warna kuning. Kita bisa menemukan jenis ini di sekitaran pegunungan Arfak, Papua Barat.

Selanjutnya ada cendrawasih astrapia arfak. Butung satu ini sendiri sesuai namanya memang bisa ditemukan di wilayah pegunungan Arfak. Cendrawasih satu ini sendiri sebenarnya masih termasuk yang langka untuk ditemukan. Lalu ada juga cendrawasih Parota Arfak. Kalau jenis yang satu ini antara jantan dan betinanya memang memiliki warna yang cukup berbeda. Memang bisa dibilang kalau yang
jantan itu warna dan coraknya lebih bagus.

Selanjutnya ada cendrawasih botak. Kalau untuk jenis yang satu ini sendiri bisa dibilang memiliki ukuran yang kecil. Ukuan panjangnya paling hanya mencapai 21 cm saja. Tentu saja kalau ukuran seperti ini bisa dibilang masih ukuran yang medium bahkan termasuk yang kecil. Walaupun ukuran kecil, tapi tentu saja dilengkapi dengan warna yang sangat bagus kalau kita perhatikan secara seksama.

Bisa kita lihat dari dominasi warma bulu merah dan hitam yang sangat cantik. Sementara itu kalau bagian mulutnya sendiri hijau. Lalu kalau kita lihat lagi di bagian bulu ekor itu berwarna ungu. Sementara itu kalau betina memiliki warna cokelat dengan bagian kepala yang berwarma biru muda.

Terakhir ada cendrawasih merah. Jenis yang satu ini sendiri bisa tumbuh sampai ukuran 33 cm. Kalau kita perhatikan jenis cendrawasih satu ini memang dilengkapi dengan warna bulu dominasi kuning cokelat. Sementara itu kalau pada bagian paruhnya sendiri kuning.

Kalau kita lihat pada contoh gambar burung cendrawasih, maka akan kelihatan jantan bisa pinya ukuran mencapai 72 cm. Bisa dibilang ukuran ini termasuk bulu hiasannya. Bulu hiasannya sendiri warnanya merah darah dengan ujung berwarna putih.

Semua cendrawasih tersebut tentu saja memang sangat bagus. Tapi sayangnya sudah mulai berkurang jumlahnya karena di buru terus. Jadi kita harus bisa ikut serta mempertahankan cendrawasih di alam. Itulah bahasan mengenai jenis dan gambar burung cendrawasih. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *